Langkah Awal Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Sambas

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja. BKK SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK. BKK SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan sistem ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada pasangan industri/usaha kerja, sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan profesional serta etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

SMK Negeri 1 Sambas sebagai salah satu SMK Negeri yang diberikan kesempatan untuk melaksanakan amanah dan tanggung jawab sistem pendidikan Nasional lewat Bursa Kerja Khusus ini berupaya agar tamatan SMK khususnya alumni SMK Negeri 1 Sambas dapat tersalurkan dan terserap di DunIa Usaha dan Dunia Industri yang menjadi mitra industri. Sebagai langkah awal dari rencana aksi telah dilakukan rapat koordinasi pada tanggal 2 September 2020 di kampus 1 SMK Negeri 1 Sambas yang dipimpin oleh Kepala SMK Negeri 1 Sambas Bapak H.Mulyadi, M.Pd yang dihadiri oleh semua anggota pengurus BKK. Langkah awal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi progam pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran dan upaya pencciptaan lapangan kerja. Semoga